9 Juta Hektar Lahan Disiapkan Untuk Transmigran

Jokowi nyemplung di sawah
Jokowi nyemplung di sawah
Jokowi nyemplung di sawah

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerimtah lewat Menteri Desa, Percepatab Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT), Marwan Jafar bakal menyiapkan 9 juta hektar lahan untuk untuk transmigran.

Hal itu dikemukakan Jafar usai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menanyakan soal laporan rencana pengembangan lahan transmigrasi.

“Tadi saya ditanyai soal transmigrasi oleh Pak Presiden. Kami diperintahkan oleh Presiden untuk 4 juta transmigran akan disiapkan tanah 9 juta hektar, itu yang ditanyakan kepada saya,” ujar Marwan Jafar usai keluar dari Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2015).

Marwan menjelaskan, terkait lahan tersebut pihaknya hanya bertugas membantu program transmigrasi, terutama pemerataan sektor demografi. Untuk kelancaran program itu, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,4 triliun.


“Dananya sih nggak banyak. Kalau transmigrasi sekarang kurang lebih Rp 1,4 triliun. Tapi kita akan menggandeng pihak swasta. Dan itu akan memperkuat sektor transmigrasi kita yang selama ini ditangani negara. Kalau dengan swasta itu nanti ada secara komprehensif dibangunkan rumah sakit, sekolahan, ibu-ibunya dikasi pekerjaan dan lain sebagainya. Sehingga masalah transmigarasi ini bukan semata perpindahan penduduk dari Jawa ke luar Jawa, tetapi juga ada nilai lebih yang diberikan oleh negara kepada transmigran,” jelas Marwan.

Marwan pun mengatakan, program itu akan difokuskan di wilayah perbatasan. “Di Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, terutama di daerah perbatasan yang itu menjadi titik fokus kita,” katanya.(cr1)