31 Anggota ISIS Ditangkap Intelijen Irak

ISIS
ISIS
Tentara ISIS
Tentara ISIS

POJOKSATU.id, BAGHDAD – Setidaknya 31 anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ditangkap oleh Badan Intelijen Irak karena merencanakan peluncuran 52 serangan bom di wilayah ibukota Irak.

Seperti dilansir AFP, Senin (16/3/2015), anggota-anggota ISIS ini ditangkap dalam operasi yang dilakukan dalam koordinasi dengan tentara serta otoritas kehakikam setempat.

“Berujung pada pembongkaran jaringan kelompok teroris yang dikenal sebagai Wilayat Baghdad (Provinsi Baghdad) yang merupakan bagian dari kelompok teroris Daesh (nama Arab ISIS),” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Badan Intelijen Irak menyatakan, pihaknya menangkap 31 anggota ISIS dari seluruh wilayah Baghdad, juga dari wilayah utara dan selatan Irak.


“Mereka mengakui 52 aksi terorisme di beberapa wilayah berbeda di Baghdad pada tahun 2014 dan awal tahun 2015,” imbuh pernyataan itu.

Sejumlah besar persenjataan, sabuk peledak, peredam, mobil dan sepeda motor rakitan, pernyataan serta video operasi pengecut ISIS berhasil disita dalam operasi tersebut.

Tidak disebutkan lebih lanjut dalam pernyataan itu, kapan penangkapan anggota-anggota ISIS dilakukan. Namun secara terpisah, juru bicara badan intelijen setempat Fahim al-Atraqchi menyebut, penangkapan dilakukan bulan lalu.

“Alasan berkurangnya serangan di Baghdad dalam 3 minggu terakhir ialah penangkapan jaringan ini,” ucapnya.(cr1)