Badrodin Haiti Siap Jalani Fit and Proper Test

Badrodin Haiti. Foto: ist.
Badrodin Haiti. Foto: ist.
Badrodin Haiti. Foto: ist.

POJOKSATU.id, Jakarta – Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komjen Badrodin Haiti mengaku siap menghadapi uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI sebelum direkomendasikan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman.

“Ya sudah, Kita siapkan program-program prioritas kita yang harus kita laksanakan ke depan. Kita sudah siapkan,” kata Badrodin usai menghadiri acara peringatan hari jadi ke-28 Harian Umum Suara Pembaruan di Candi Bentara Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (15/3).

Menurut Badrodin, dalam uji kelayakan nantinya, ia sudah mempersiapkan sejumlah program prioritas di bidang operasional dan pembinaan.

“Kalau memang itu disetujui itu nanti yang akan kita laksanakan ke depan, baik di bidang penegakan hukum, tingkat profesionalitas anggota kemudian penertiban di internal itu kita lakukan,” paparnya.


Fit and proper test bagi Badrodin akan dilakukan usai DPR mengakhiri masa resesnya dan kembali mulai bersidang pada 23 Maret ini.

Namun, DPR belum menentukan kapan waktu pasti uji kelayakan dan kepatutan digelar.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan alasan demi ketenangan bangsa, mengusulkan calon Kapolri baru, yaitu Komjen Badrodin Haiti.

Badrodin menggantikan Komjen Budi Gunawan yang batal dilantik oleh presiden, padahal sudah melalui uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon kapolri. Bahkan, sudah dinyatakan lolos dan direkomendasikan menjadi Kapolri.

Batalnya Budi Gunawan dilantik karena sempat terjerat kasus hukum, yaitu ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Padahal, hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam putusannya mengabulkan sebagian gugatan praperadilan, yaitu menyatakan proses penyidikan oleh KPK tidak sah sehingga penersangkaan BG tidak sah.(cr1)