Tindakan Istri Ahok Indikasi Telah Terjadi Nepotisme

Basuki Tjahja Purnama alias Ahok
Basuki Tjahja Purnama (Ahok)
Basuki Tjahja Purnama (Ahok)

POJOKSATU- Tindakan Veronica Tan dan Harry Basuki yang memberikan pengarahan dalam rapat revitalisasi Kota Tua di ruang pimpinan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyalahi aturan.

Tindakan ini juga menimbulkan indikasi terjadinya nepotisme. Pasalnya, Veronica merupakan istri dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sedangkan, Harry adalah adik kandung Ahok.

Begitu kata Ketua Panitia Hak Angket DPRD DKI Muhammad Sangaji alias Ongen saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta (Jumat, 13/3).

“Bahwa benar Ibu Veronica sebagai istri gubernur dan Harry Basuki memberikan pengarahan terhadap Kota Tua secara detail dan dilakukan beberapa kali. Kejadian tersebut adalah indikasi nepotisme dan menyalahi kaidah good goverment,” katanya seperti dikutip JPNN (Grup pojoksatu.id).


Ongen menyatakan, revitalisasi Kota Tua dilakukan dengan menggunakan dana APBD DKI dan CSR swasta. Untuk itu, Panitia Hak Angket akan meminta data absensi dan notulensi rapat tersebut.

Sebelumnya, tersebar sebuah foto yang menunjukkan orang yang diduga adik dan istri Ahok sedang memimpin rapat di ruang pimpinan Pemerintah Provinsi DKI.

Dalam keterangan foto yang beredar disebut bahwa Harry dan Veronica Tan sedang memimpin rapat pembahasan proyek Kota Tua bersama Wali Kota Jakarta Barat, Dinas Pariwisata, dan Dinas PU. Dalam foto tampak pula sosok Sylviana dan Kepala Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Sarwo Handayani. (ian)