Terima Mandat 370 Organisasi, Tim 9 Ragu Jokowi Mau Selamatkan KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)
Ilustrasi. Jokowi dan JK. JPNN
Ilustrasi. Jokowi dan JK. JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tim 9 menyambut baik mandat dari 370 organisasi yang meminta tim bentukan Presiden Jokowi itu menyelamatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua Tim 9 Jimly Asshiddiqie menyebut mandat itu merupakan cerminan keinginan rakyat.

“Hari ini kami sebagai Tim 9 diberi mandat oleh tokoh-tokoh yang mewakili kesadaran umum masyarakat Indonesia,” kata Jimly usai menerima mandat di pelataran Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Minggu (8/3).

Tokoh-tokoh yang dimaksud Jimly adalah perwakilan dari sekitar 370 organisasi yang memiliki kepedulian terhadap pemberantasan korupsi. Mereka di antaranya adalah Haris Azhar dari KontraS Komisioner Komnas HAM Sandra Moniaga, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, Direktur Advokasi YLBHI Bahrain, serta Alghiffarie dari LBH.

Jimly menyatakan, Tim 9 siap menjalankan tugas dengan segala keterbatasan yang ada. Ia pun berjanji akan menyampaikan mandat tersebut ke Presiden Jokowi.


“Jadi kita akan menjembatani antara aspirasi rakyat dengan berkembang di lingkungan istana, kita menyampaikan ide ini kepada Presiden,” lanjutnya.

Namun, Jimly mengingatkan bahwa aspirasi ini belum tentu didengar oleh Jokowi. Karenanya, dia berpesan agar masyarakat legowo menerima apapun respon dari presiden nanti.

“Presiden juga kan harus mendengarkan usul dari mana-mana, dari para elite yang harus didengarkan juga. Tapi kita harus terus berusaha meyakinkan juga,” pungkasnya. (dil/jpnn/one)