Indonesia Tolak Tawaran Australia Soal Tukar Tahanan

Dua terpidana mati anggota Bali Nine.
Dua terpidana mati anggota Bali Nine.
Dua terpidana mati anggota Bali Nine.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Upaya pemerintah Australia hampir tak pernah putus untuk meminta agar terpidana mati duo ‘Bali Nine’ tidak dieksekusi mati. Upaya yang belum lama ini dilakukan adalah melobi pemerintah Indonesia agar bisa melakukan pertukaran tahanan. Sayangnya, tawaran tersebut tidak bisa diterima di Indonesia.

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia tidak mempunyai sistem hukum menukar tahanan yang telah divonis hukuman mati.

“Kita tidak punya sistem hukum seperti itu. Tidak punya sistem hukum tukar menukar tahanan,” kata Wapres JK kepada media di Kantor Wapres, Jakarta baru-baru ini.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop pada Selasa (3/0 telah menghubungi Menlu Indonesia Retno LP Marsudi. Julie menawarkan pertukaran tahanan terhadap dua terpidana mati “Bali Nine”; Myuran Sukumaran dan Andrew Chan.


Namun Menteri Retno menyampaikan bahwa pertukaran tahanan tidak dikenal dalam aturan hukum dan Undang-Undang di Indonesia, sehingga tawaran tersebut tidak dapat diwujudkan. Kalla juga menegaskan bahwa Indonesia tidak dapat melakukan pertukaran tahanan dengan Australia. (ril)