Pemakaman Sniper Terbaik TNI Tatang Koswara Diiringi Tanggis dan Salvo

Tatang Koswara sniper terbaik TNI dimakamkan
Tatang Koswara sniper terbaik TNI dimakamkan
Tatang Koswara sniper terbaik TNI dimakamkan

POJOKSATU.id, BANDUNG – Peltu (purn) Tatang Koswara, sniper terbaik TNI ini Rabu (4/3) sekira pukul 11.30 WIB dimakamkan di TPU Jalan Sayuran, Kompleks TNI Kavling Lumba-Lumba, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Bandung, Jawa Barat. Pemakaman yang tak jauh dari kediaman sniper dunia peringkat ke 14 ini dilakukan secara prosesi militer.

Pemakaman Tatang Koswara dihadiri puluhan keluarga, kerabat dan masyarakat setempat. Prosesi pemakaman sendiri dipimpin inspektur upacara Kapten Dadiya Skogar 42 TNI AD. Letupan senjata mengiringi saat jenazah yang dipayungi bendera merah putih masuk ke liang lahat.

Nampak istri almarhum dan keempat anak beserta cucu-cucunya tak kuasa menahan tangis. Mereka saling berpelukan, saling menguatkan satu sama lain. Putri bungsu Tatang, Tanti (37) terlihat paling terpukul. Ia terus menangis tak henti-hentinya, apalagi saat jenazah ayahnya dimasukkan ke liang lahat.

Pemakaman Tatang Koswara yang merupakan sniper terbaik TNI ini awalnya akan dimakamkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung. Namun karena penuh dan lokasinya jauh dari kediaman almarhum, akhirnya keluarga berembuk jenazah untuk dimakamkan di TPU Sayuran yang jaraknya dekat rumah.


Tatang Koswara menjadi seorang sniper sejak tahun 1975. Tatang yang memiliki pangkat sersan, sempat menyelesaikan pendidikannya di pasukan khusus Angkatan Darat Amerika Serikat Green Berets dan terjun ke perang di Timor Leste.

Tatang meninggalkan istri bernama Tati Hayati dan empat orang anak serta tujuh cucu. Sebelumnya diberitakan Tatang Koswara wafat pada pukul 20.00 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan usai syuting acara variety show Hitam Putih Trans7.(lya)