Ini Rumus Memperkuat KPK

Dr. Rizal Ramli
Dr. Rizal Ramli

POJOKSATU- Untuk memperkuat lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ada dua unsur yang benar-benar harus diperhatikan.

Unsur pertama adalah pimpinan atau komisioner KPK. Pimpinan KPK harus benar-benar diisi oleh sosok yang memiliki integritas, serta bebas dari persoalan masa lalu sehingga tidak menjadi beban di kemudian hari.

Demikian disampaikan tokoh senior yang juga mantan Menko Perekonomian, Dr. Rizal Ramli. Rizal Ramli pun menegaskan bahwa unsur kedua juga tidak boleh diabaikan. Unsur kedua yang merupakan alat kelengkapan KPK seperti penyidik juga harus menjadi fokus perhatian.

Selama ini, penyidik KPK berasal dari Polri, Kejaksaan dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penyidik KPK itu di-BKO-kan, dan dalam waktu tertentu kembali ke lembaga asalnya.


Menurut Rizal Ramli, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis malam (19/2), idealnya para penyidik itu tidak kembali atau dikembalikan kepada lembaga asalnya. Dengan demikian, ia menjadi pegawai atau penyidik tetap di KPK.

Kata Rizal, hal ini perlu dilakukan agar para penyidik itu tidak sungkan dan ewuh pakewuh bila ada persoalan hukum yang menyeret atau melibatkan elit di lembaga asal penyidik. Atau si penyidik juga tidak perlu khawatir bila tugasnya di KPK dicabut dan ditarik kembali bila menangani persoalan mantan seniornya.

Dengan demikian, secara lembaga, penyidik KPK juga bisa lebih independen. (ysa)