Ultah Presiden, Warga Persembahkan Daging Singa dan Gajah

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe

POJOKSATU  — Persembahan yang sangat berlebihan dilakukan warga petani kepada Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe dalam perayaan ulang tahunnya ke 91 pada akhir bulan ini.

Petani lokal, Tendai Musasa, menjanjikan akan menyumbang dua ekor gajah, dua ekor banteng, dua ekor musang, lima ekor impala, dan seekor singa untuk merayakan ulang tahun sang presiden yang jatuh pada 28 Februari nanti. Demikian dikabarkan harian Chronicle.

“Ini adalah cara kami mendukung dan memastikan munculnya suasana perayaan di komunitas kami. Nilai sumbangan kami sekitar 120.000 dollar AS yang menunjukkan uang yang bisa kami peroleh dalam setahun dan kami kira ini adalah sebuah langkah yang tepat,” kata Musasa.

Ia mengaku saat ini para petani sedang melakukan negosiasi dengan Otorita Taman Nasional dan Kehidupan Liar, bagaimana cara mempersiapkan daging hewan-hewan itu beberapa hari sebelum acara. Mereka juga telah menghubungi hotel untuk membicarakan masalah penyimpanan daging hewan-hewan tersebut. Kabarnnya, ulang tahun ke-91 Mugabe akan dihelat secara besar-besaran dengan mengundang sekitar 20.000 orang ke kawasan liburan mewah Elephant Hill Resort.


Namun rencana menyajikan daging hewan liar dan langka mendapat kecaman dari kelompok-kelompok penyayang binatang.

“Saya tak mendukung siapa pun yang menyumbangkan hewan langka untuk keperluan pesta apa pun,” kata ketua gugus tugas Konservasi Zimbabwe, Johnny Rodrigues.

Menrutnya, haal tersebut  sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Setiap kali menggelar pesta atau merayakan hari kemerdekaan, beberapa ekor gajah dan banteng dibunuh. “Perbuatan ini sungguh tidak etis dan tak bisa dibiarkan,” tambah Rodrigues.

Rencana menyumbang hewan-hewan liar itu juga dikecam penduduk desa yang tinggal di dekat peternakan Victoria Falls milik Musasa. Warga mengatakan, Musasa menyumbangkan hewan-hewan itu tanpa berkonsultasi terlebih dahulu. (news.com.au/ril)