Bareskrim Mau Geledah KPK, Ini Kata Zulkarnaen

Zulkarnain

POJOKSATU – Bareskrim disebut-sebut akan menggeledah gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyelidiki kepemilikan senjata api illegal yang dimiliki 21 penyidik KPK.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua KPK Zulkarnain mengimbau Bareskrim untuk tidak gegabah. Menurutnya, langkah penyelidikan untuk kasus ini cukup dilakukan dengan melakukan verifikasi saja.

Hal ini disampaikannya terkait kabar pihak Bareskrim berniat menggeledah kantor KPK untuk mencari senjata api ilegal yang dimaksud. Zulkarnain menilai penggeledahan sebagai langkah yang terlalu berlebihan.

“Jangan dong (digeledah). Hal-hal itu menurut diverifikasi saja bisa, tinggal dilihat mana yang ada izin,” kata Zul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Rabu (18/2).


Masalah senpi ilegal ini berpotensi menambah deretan kasus pidana melibatkan personil KPK yang ditangani pihak Kepolisian. Sebelumnya, dua pimpinan KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang berbeda.

Sementara dua pimpinan KPK lainnya, Adnan Pandu Praja dan Zulkarnain sendiri, sudah dilaporkan ke Bareskrim.

Meski begitu, Zulkarnain tetap menjawab diplomatis saat ditanya tentang dugaan adanya kriminalisasi terhadap KPK. Ia mengatakan, pertanyaan itu bisa dijawab sendiri oleh masyarakat.

“Saya ndak usah jawab, tapi umum bisa menilai lah,” pungkasnya. (dil/jpnn/one)