Mayat Bayi Ditingggali Sepucuk Surat

Ilustrasi

mayat bayi 1

POJOKSATU – Ditemukan mayat bayi di Kampung Pasir Kampung RT 03/01 Desa Sukatani Kecamatan Pacet, Cianjur. Ada sepucuk surat ditemukan di samping mayat bayi yang dibuang di semak-semak depan masjid kampung tersebut.

Isum Sumiati (37) warga setempat mengatakan, saat itu dirinya hendak shalat subuh dan tanpa curiga melihat buntalan selimut, di semak-semak halaman masjid. Curiga dengan buntalan tersebut, ia pun langsung menghampirinya dan kaget tidak kepalang ternyata benda di dalam selimut warna biru ada mayat bayi yang sudah tak bernyawa. “Saya temukan bayi itu sekitar pukul 05.00 WIB, yang terbungkus di semak-semak halaman masjid,” kata Isum kepada Radar Cianjur, kemarin (15/2).

Menurutnya, saat ditemukan bayi itu masih lengkap dengan tali ari-arinya, namun tidak ditemukan luka-luka di sekujur tubuhnya. Dirinya menduga usia bayi itu baru dilahirkan beberapa hari ini. “Saya lihat kondisi badannya masih kecil, dan lengkap dengan ari-arinya. Tubuh bayi juga sudah bersih,” tuturnya.
Lebih lanjut Isum menjelaskan, saat ditemukan di samping bayi ada surat berisi pesan terhadap yang menemukan bayi itu untuk dikuburkan. Namun tidak ada identitas siapa yang menulis pesan dalam surat tersebut.


“Isi surat itu, ‘pang kuburken orok ieu kin pami aya milik bade nyumbang ka ieu masjid (Minta dikuburkan bayi ini nanti kalau ada rizki mau nyumbang ke masjid ini). Bahkan dalam surat itu tertulis jika bayi tersebut hasil dari nikah siri dan pernikahan yang tidak direstui orang tua,” tuturnya, seraya selain ditemukan surat, di samping mayat bayi juga ada uang sebesar Rp350 ribu. Atas penemuan mayat bayi tersebut, warga pun langsung melaporkan ke Mapolsek Pacet.

Rahmat (25) warga setempat menjelaskan, setelah ditemukan mayat bayi, langsung dibawa ke Mapolsek Pacet, dan setelah diperiksa petugas Kepolisian, sesuai pesan dari surat itu bayi akan dimakamkan di Kampung Pasir Kampung. “Kami mencurigai, mayat bayi hasil hubungan gelap penduduk setempat. Namun penyelidikan lebih lanjut kami serahkan ke aparat kepolisian,” terangnya.

Kapolsek Pacet Kompol Wadi Sabani menjelaskan, bayi tersebut berdasarkan hasil visum, meninggal dunia dikarenakan hypotermia. Saat ini Polsek Pacet telah melakukan cek TKP, dan mengumpulkan data dari saksi-saki. “Setelah divisum, bayi akan dimakamkan di dekat lokasi penemuan mayat bayi. Kami pun tengah mendalami kasus ini,” tandasnya.(fhn/dep)