Pengungsi Banjir Jakarta Diserang Tomcat

tomcat
tomcat
tomcat

POJOKSATU РPengungsi banjir di Stadion Tugu, Koja, Jakarta Utara, mendapat masalah baru. Mereka mulai diserang  gatal-gatal pada bagian kulit di sekitar mata, bibir dan leher. Parahnya, setelah gatal-gatal, kulit para pengungsi pun melepuh dan bengkak.

Dilansir dari situs berita resmi Pemprov DKI Jakarta, Jumat (13/2), Imah (35), salah seorang pengungsi yang tinggal di RT 07/03, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading menuturkan, ia mengalami gejala gatal-gatal sejak dua hari lalu. Ia tidak sendiri, beberapa pengungsi lainnya.

Ketika ia bangun keesokan harinya, kulit di sekitar kelopak mata kirinya jadi melepuh dan mengalami pembengkakan. Ia melanjutkan, ketika malam hari, ia merasa seperti digigit nyamuk. “Gak taunya pas bangun sudah bengkak dan melepuh,” keluh Imah.

Sementara itu, Jainah (32), pengungsi asal RT 06/04 Kelurahan Tugu Selatan, Koja. Akibat digigit serangga tomcat, bibirnya kini mengalami bengkak. “Kayaknya saya digigit tomcat tadi malam. Ini bangun-bangun sudah bengkak, gatal dan sakit,” katanya.


Kepala Sudin Peternakan, Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Una Rusmana membenarkan hal tersebut. “Sampai jam 12 tadi sudah ada 11 orang (tersengat tomcat). Tapi sore ini bertambah tiga, jadi totalnya 14 orang,” ujarnya dia.

Para korban terdiri dari lima laki-laki dan sembilan perempuan. Saat ini Pemprov Jakut sudah melakukan penyemprotan untuk mensterilisasi lokasi.

“Kami juga terus melakukan pengawasan agar tomcat tidak kembali menyerang para pengungsi,” tambah dia.

Hingga Jumat (13/2) sore, 14 pengungsi yang terserang serangga tomcat sudah mendapatkan pengobatan di posko kesehatan. (husnie/sim/jkt/arp/one)