Taman Indah Ini Punya Fungsi Ganda

12858_10979_syn-150213-Taman-Ayodya-(11
MENYEGARKAN MATA: Taman Ayodya tak hanya mempercantik kota, tapi juga menyimpan air saat musim hujan.

POJOKSATU – Taman Ayodya di Jakarta Selatan tak hanya memiliki pemandangan eksotis sehingga ramai pengunjung, tapi juga punya fungsi lain. Saat musim hujan, taman seluas 7.500 meter persegi yang dibangun di lahan bekas pertokoan bunga dan pasar ikan hias tersebut difungsikan sebagai tandon atau tempat penampungan air.

”Banyak sudin (suku dinas) lain yang tertarik mencontoh (Taman Ayodya),” kata Kadis Pertamanan dan Pemakaman DKI Nandar Sunandar, Kamis (12/2). Konsep Taman Ayodya juga bakal digunakan lagi oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI untuk membangun taman lain di kawasan Jakarta.

Menurut Nandar, konsep tersebut sekaligus memenuhi arahan yang tertuang dalam Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2030. Salah satu poinnya menjelaskan bahwa pemerintah harus mengoptimalkan setiap potensi yang dapat dijalankan untuk menurunkan risiko bencana. ”Banjir kan bencana yang menimpa Jakarta setiap musim hujan,” jelas Nandar.

Selain Taman Ayodya, saat ini ada 33 taman di Jakarta yang dilengkapi kolam sebagai tandon air. Yang terbaru adalah Taman Rawa Badak Utara (RBU) di Koja, Jakarta Utara. Konsep taman sebagai tandon tersebut akan diterapkan dalam pembangunan 39 taman tahun ini. Jika rencana itu terealisasi, Jakarta memiliki 72 taman yang bisa berfungsi sebagai tempat resapan banjir.


”Anggarannya Rp 56 miliar, baik untuk membangun maupun meningkatkan kualitas taman,” terang Nandar. Angka tersebut belum termasuk biaya pembangunan taman yang bekerja sama dengan perusahaan swasta atau menggunakan konsep CSR (corporate social responsibility). (syn/dns/c11/any/dep)