PKS Ikutan Ancam Jokowi Jika Tak Lantik BG

Aboe Bakar Alhabsyi
Aboe Bakar Alhabsyi
Aboe Bakar Alhabsyi

POJOKSATU – Bukan hanya kubu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengancam presiden Joko Widodo (Jokowi) jika tak melantik Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri. Partai Keadilan Sejahtera juga ikut mengancam.

Anggota Komisi Hukum DPR dari Partai Keadilan Sejahtera, Aboe Bakar Alhabsyi, mengatakan fraksinya bisa saja menggunakan hak politik DPR, bila benar Jokowi tak jadi melantik. “Sesuai aturan, prosedurnya Presiden harus melantik Budi Gunawan,” ujar Aboe di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat, (13/02).

Namun menurut Aboe, sejauh ini fraksinya belum menentukan hak yang akan digunakan tersebut. Bisa saja hak bertanya atau interpelasi. Menurut dia keputusan akhir akan dibuat setelah mendengar pengumuman resmi dari Presiden.

Lebih jauh Aboe mengatakan, tak ada alasan bagi Jokowi untuk tidak melantik Budi Gunawan. Menurut dia, nama Budi sudah melewati uji kepatutan dan kelayakan. Juga sudah disetujui paripurna Dewan. Sesuai undang-undang, presiden harus melantik calon yang sudah disetujui DPR. “Kalau mau membatalkan, seharusnya dari awal ditarik sebelum proses di DPR dimulai,” ujar Aboe lagi.


Sebelumnya, beredar kabar kalau Jumat ini Jokowi bakal mengumumkan pembatalan pencalonan Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri. Budi tak bisa dilantik lantaran telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap dan gratifikasi oleh KPK. Selain membatalkan pelantikan Budi, Jokowi juga disebut tengah menyaring nama-nama yang akan diajukan ke DPR. Sedangkan pengumuman pembatalan nama Budi kemungkinan akan dilakukan di Istana Bogor atau di sela kunjungan Jokowi ke Solo, Jawa Tengah.(ufa/ril)