Fadel Muhammad: Menteri Susi harus Tahan Hadapi Tekanan, Bukan Malah Mundur

Fadel Muhammad
Fadel Muhammad
Fadel Muhammad

POJOKSATU- Para menteri wajar mendapatkan tekanan dari berbagai pihak.  Namun, tekanan itu bukan jadi alasan bagi seorang menteri untuk mundur dari jabatan.

“Apabila seseorang dalam kedudukan politik, pasti mendapat banyak tekanan. Kalau tidak mau ada tekanan, jangan duduk di jabatan publik. Kembali saja ke swasta,” ujar mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad Kamis malam (12/2).

Fadel mengungkapkan itu terkait niat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hanya dua tahun menjadi menteri. Dia mau mundur salah satunya karena banyak mendapat tekanan.

Saat menjabat Menteri, Fadel juga mengaku mendapat tekanan dari berbagai pihak. Mulai dari asosiasi nelayan, para pengusaha dan politik. Namun, semua dihadapi dengan tidak gentar.


Untuk Susi, Fadel menduga tekanan juga datang dari pihak nelayan yang tidak suka kebijakan Susi membom kapal asing yang masuk perairan Indonesia.

Kapal kok dibom-bomin. Kalau mau bom cukup satu aja. Kalau semua dibom, orang kan merasa itu mubazir. Waktu jaman saya, kapal-kapal itu dibagikan ke nelayan, ke bupati. Jadi bermanfaat,” jelasnya.

Fadel sedikit memberi trik agar tekanan yang mendera Susi tidak terlalu besar. Caranya, dengan menjalin komunikasi fleksibel dengan semua stake holder. Harus banyak-banyaklah berkomunikasi. Ngobrolin program agar sejalan. Dijamin tekanannya akan berkurang,” tandas Ketua Komisi XI DPR ini. (zul)