Budi Batal Dilantik, Anak Buah SBY: Kata Siapa?

Kepala BIN BUDI GUNAWAN
Kepala BIN BUDI GUNAWAN
KOMJEN BUDI GUNAWAN
KOMJEN BUDI GUNAWAN

POJOKSATU – Wakil Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman membantah statemen yang disampaikan koleganya sesama pimpinan komisi bidang hukum DPR, Desmond J Mahesa yang menyebut Presiden sudah memberitahu Ketua DPR Sertya Novanto soal pembatalan pelantikan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai kapolri.

Bantahan ini disampaikan politikus Partai Demokrat itu di gedung DPR, Jumat (13/2). “Kata siapa. Tidak benar itu,” ujar Benny sebelum sidang paripurna pengesahan RUU APBN Perubahan tahun 2015.

Benny tidak membantah bahwa dirinya sudah dimintai pendapat oleh pimpinan DPR terkait konsekuensi hukum apa yang terjadi ketika Presiden Joko Widodo tidak melantik BG sebagai kapolri.

“Saya diundang pimpinan dewan untuk mendiskusikan masalah pelantikan BG yang hingga saat ini belum jelas. Pimpinan dewan menanyakan langkah-langkah hukum manakala BG yang telah disetujui dewan tapi presiden tidak melantik, apa langkah hukumnya,” jelas Benny.


Namun, anak buah Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini tidak bersedia merinci pendapatnya atas nama komisi III. Masalah itu menurutnya bisa ditanya langsung kepada pimpinan DPR. Kalaupun Presiden Jokowi batal melantik BG, Benny menyebut alasannya harus jelas.

“Yang penting alasannya apa tidak melantik. Proses di dewan sudah selesai. Selanjutkan pelantikan di presiden. Begitu proses politik dewan selesai, kesempatan telah diberikan kepada presiden, tinggal presiden berani enggak memutuskan. Jadi jangan persalahkan lagi DPR,” tandasnya.(Fat/jpnn/dep)