BG dan KPK Tunggu Putusan Sidang Senin Depan

Ilustrasi
Sidang Praperadilan Komjen BG, Jumat (13/02) malam/ Foto:Dhani Irawan
Sidang Praperadilan Komjen BG, Jumat (13/02) malam/ Foto:Dhani Irawan

POJOKSATU – Setelah menghabiskan waktu selama seminggu, akhirnya sidang praperadilan Komjen Budi Gunawan (BG) ditutup. Kedua pihak, termohon maupun pemohon (KPK dan Komjen Budi Gunawan) tinggal menunggu hasil putusan sidang minggu depan, Senin 16 Februari 2015.

“Bagaimana, sudah semua, pemohon dan termohon? Baiklah, sidang ditutup dan hakim akan membacakan putusan pada hari Senin, tanggal 16 Februari 2015 pada pukul 09.00 WIB,” kata hakim Sarpin, sembari mengetok palunya di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (13/02).

Selama seminggu bersidang, kedua pihak masing-masing menghadirkan saksi ahli dan saksi fakta. Tak ketinggalan sejumlah alat bukti yang ditunjukkan kuasa hukum BG.
Selaku pemohon, pihak kuasa hukum BG yang dipimpin Maqdir Ismail, mengajukan bukti-bukti dokumen serta salinan berita dari media massa dan elektronik berjumlah kurang lebih 73 dokumen.

Sedangkan tim‎ Biro Hukum KPK selaku pihak termohon, dipimpin Chatarina M Girsang. Pun telah mengajukan bukti-bukti serta saksi dan ahli dari hari Kamis (12/2) dan Jumat (13/2). Dalam persidangan, Chatarina cs dengan piawai menangkis dalil-dalil dari kuasa hukum BG.


Semua pihak, termasuk masyarakat Indonesia menunggu hasil dari putusan praperadilan ini. Isinya sangat penting karena Presiden Jokowi telah mengatakan bahwa ia masih akan menunggu kepastian praperadilan tersebut sebelum memastikan apakah akan melantik Komjen BG sebagai Kapolri atau tidak. (ril)