Alasan Sekolah dan Pemerintah Larang Rayakan Valentine

Surat edaran larangan perayaan kasih sayang dari Walikota Bekasi

POJOKSATU – Velentine Day atau hari berkasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari biasanya identik dengan para muda-mudi yang ingin menunjukkan rasa kasih sayangnya pada kekasih hati yang dicintainya.

Hal ini bisa menjerumuskan para remaja untuk bersenang-senang dengan pasangan dan melakukan seks bebas untuk membuktikan cinta pada pasangannya. Rupa-rupanya hal ini menjadi perhatian Dinas Pendidikan di beberapa daerah, salah satunya yaitu Kota Surabaya.

Dinas pendidikan kota Surabaya memberikan surat edaran kepada seluruh sekolah SMP dan SMA/SMK di Surabaya. Surat itu berisi surat pelarangan bagi pelajar untuk merayakan hari valentine karena hal itu tak memberikan manfaat bagi para pelajar.

Surat edaran itu diperbanyak untuk diberikan pada orangtua murid agar orangtua juga ikut mengawasi dan memperhatikan anak-anaknya untuk tidak berkegiatan valentine day.


Menurut Lastri, Kepala Sekolah SMAN 22 Surabaya bahwa sekolahnya telah memperbanyak surat edaran itu agar bisa dibagikan kepada para orangtua murid.

“Iya kami mendapat surat itu dan sudah memperbanyak hingga 973 lembar untuk dibagikan ke para siswa di sini. Surat edaran itu nanti diberikan ke orangtua siswa,” kata seorang guru SMU Negeri 22, Lastri  Jumat (13/2/2015).

Sikap dari Dinas pendidikan ini disambut antusias oleh seluruh guru dan orangtua karena dapat mengurangi tingkat kenakalan remaja atau pergaulan bebas yang sering kali banyak terjadi di hari valentine. (zul)