Polri Dituding Langgar Perintah Presiden

Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto
Bambang Widjojanto

POJOKSATU – Wakil Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto menuding Polri melanggar kesepakatan bersama untuk saling menahan diri.

Menurutnya, hingga saat ini Bareskrim Polri masih memanggil pegawainya terkait sejumlah kasus yang membelit pimpinan lembaga antirasuah itu.

Pemanggilan tersebut tidak diketahui Plt Kapolri Badrodin Haiti. Jika Polri masih memanggil pegawainya, kata Bambang itu sama saja dengan melanggar perintah Presiden Jokowi.

“Yang melakukan pemanggilan adalah penyidik Bareskrim dan yang saya dengar dari pak Pandu, kalau pak Wakapolri kaget ketika mendengar kabar itu. Presiden sudah dua kali menyampaikan untuk tidak melakukan kriminalisasi,” ujarnya.


Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Independen Jimly Asshiddiqie meminta kedua lembaga penegak hukum, KPK dan Polri menghentikan proses penyelidikan dan penyidikan. Hal itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) demi meredakan konflik kedua institusi tersebut.

Kata dia, sebelum ada putusan praperadilan, Jimly meminta agar penyidikan gratifikasi Budi Gunawan, penyidikan keterangan palsu Bambang Widjojanto, dan penyelidikan dugaan penyalahgunaan kewenangan Abraham Samad tidak dilakukan.(ril)