Perang Meme Bekasi vs Jakarta Melebar ke Bogor

perang meme di media sosial
perang meme di media sosial
perang meme di media sosial

POJOKSATU – Perang meme antara warga Jakarta dan Bekasi terus berlanjut di media sosial. Bahkan, perang di dunia maya itu melebar ke Bogor. Sebuah gambar menunjukkan seorang pengguna jalan yang sedang terjebak banjir duduk di atas kap mobil. Pria yang mengenakan celana panjang hitam dipadu kemeja putih terlihat sedang mengetik SMS di ponselnya. Gambar tersebut bertuliskan “Ketik unreg (spasi) banjir kirim ke Bogor”

Meme banjir yang menyindir warga Jakarta muncul setelah Ibukota tergenang sejak Senin lalu. Banjir yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta membuat hampir enam ribu orang mengungsi.

Beberapa meme menampilkan perbandingan antara Bekasi dan Jakarta. Salah satu foto memperlihatkan kondisi jalanan Jakarta di kawasan Bundaran HI. Jalanan yang biasanya padat oleh kendaraan itu terlihat lengang. Di bawahnya, ditampilkan jalanan Bekasi yang bersih dari genangan. Kendaraan dengan mudah melintasi jalan tanpa terhambat banjir.

Meme tersebut merupakan balasan atas meme yang menghina Bekasi beberapa waktu lalu, diamana Bekasi dianggap sangat jauh dari Jakarta. Bahkan, beberapa meme menuliskan “ke Australia lebih dekat daripada ke Bekasi”. Meme itu muncul sebagai bentuk kritikan terhadap kemacetan di wilayah Bekasi hingga membuat pengguna jalan terjebak berjam-jam.


meme bekasiSalah satu meme balasan dari Bekasi untuk Jakarta tertulis, “Maaf gak bisa banyak bantu.. Kalian kan tau sendiri.. Jarak dari planet Bekasi ke Jakarta itu jauuuuhhh.. sekitar 10 tahun cahaya. Tapi tenang.. di sini masih kering kok”. Meme lain tertulis, “Hallo bos, daerah lo banjir? Jakarta ya? Salam, warga Bekasi”

Pengamat media sosial, Nukman Luthfi, menilai munculnya meme ini bukan merupakan bentuk balas dendam. Menurut dia, balasan ini hanya aksi candaan dari netizen. “Guyonan saja, tak ada dendam,” kata Nukman.

Dikatakan Nukman, di media sosial, orang dengan gampang membalas hinaan. Mereka hanya menunggu saat yang pas untuk balik meledek. Ia menilai meme banjir Jakarta yang muncul merupakan aspirasi warga. Mereka menggunakan cara kreatif untuk memprotes pemerintah yang belum mampu mengatasi genangan ini. “Ini jalan keluar menyampaikan unek-unek mereka,” pungkasnya. (one)