Perang ISIS, 11.000 TKI Terjebak di Surih

ISIS
ISIS
Tentara ISIS
Tentara ISIS

POJOKSATU – Sedikinya 11.000 tenaga kerja Indonesia (TKI) terjebak di Suriah. Mereka tidak bisa pulang ke Indonesia melalui jalur resmi di Damaskus akibat konflik Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS) yang tak kunjung selesai.

Duta Besar RI untuk Lebanon Chozin Chumaedy mengatakan, beberapa TKI yang terjebak itu terpaksa melewati jalur Bairut Lebanon untuk bisa pulang ke tanah air.

Menurut Chozin Chumaedy, para TKI itu sedang difasilitas oleh pemerintah Lebanon agar bisa kembali ke tanah air. “Ada 11 ribu TKI yang tidak pulang langsung dari Suriah. Mereka dialihkan terlebih dahulu ke Libanon. Karena, Libanon tidak ada masalah dalam hal TKI,” Chozin Chumaedy di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (12/2).

Dikatakan Chozin Chumaedy, bahkan Pemerintah Lebanon memberikan satu kemudahan visa gratis dan izin tinggal di Libanon selama sebulan sebelum. “Alhamduilillah Lebanon tidak ada masalah dengan TKI. Di sana hanya ada rembesan dari Suriah karena masalah ISIS ini beberapa TKI Indonesia dari Suriah pulang,” tambah Chozin Chumaedy.


Menurut Chozin, hubungan antara Indonesi dan Lebanon sangat baik karena keduanya memiliki hubungan yang sangat bersejarah. Lebanon merupakan negara ketiga mengakui kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 lalu. “Makannya mereka bersemangat membantu Indonesia,” pungkasnya. (one)