Komjen BG Tak Boleh Bersaksi, Mengapa?

Komjen Budi Gunawan
Komjen Budi Gunawan
Budi Gunawan
Budi Gunawan. Foto: JPNN

 

POJOKSATU – Dalam persidangan praperadilan antara Polri dengan KPK, penyelidik KPK, Iguh Sipurba menyatakan bahwa KPK tidak akan meminta keterangan Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan pada saat melakukan proses penyelidikan.

“Pada saat penyelidikan, kami tidak minta keterangan kepada Budi Gunawan,” kata Iguh saat menjadi saksi dalam persidangan Budi Gunawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (12/2).

Iguh menjelaskan KPK tidak meminta keterangan kepada Budi Gunawan berdasarkan ketentuan Pasal 44 Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Pasal 44 ini mengatur mengenai bukti permulaan.


“Di situ (Pasal 44 UU KPK) disebutkan penyelidikan mengumpulkan, menemukan bukti permulaan yang cukup, sekurang-kurangnya dua alat bukti,” ucap Iguh.

Menurut Iguh, alat bukti tersebut mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Kemudian, hasil penyelidikan dipaparkan dalam forum ekspose atau gelar perkara. Apabila sudah dinyatakan cukup bukti, maka tidak diperlukan keterangan calon tersangka.

“Kami‎ temukan dua alat bukti sudah berkesesuaian satu sama lain, meskipun tidak termasuk keterangan calon tersangka,” tandas Iguh. (gil/jpnn/zul)