Heboh…Foto Bayi Diberi Rokok Di Facebook Tuai Kecaman

Ilustrasi. Foto: BBC Indonesia
Ilustrasi. Foto: BBC Indonesia
Ilustrasi. Foto: BBC Indonesia

POJOKSATU – Beredarnya foto bayi diberikan rokok di Facebook menuai kecama dari berbagai pihak, termasuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Untuk mengetahui kebenaran foto tersebut, KPAI akan mengecek keasliannya.

Sebuah foto yang menunjukan seorang bayi diberi rokok yang sedang menyala beredar di Facebook pekan ini. Sejumlah laporan menyebut foto itu diunggah oleh pengguna dengan Ve Royy Alvero dengan kalimat “Jagoan mom & papp.”

Akun dengan nama tersebut kini sudah tidak bisa diakses di Facebook.

Ketua KPAI Asrorun Ni’am Saleh mengatakan telah menerima laporan dan pengaduan masyarakat terkait hal itu.


Dalam akun Facebook, KPAI menghimbau para pengguna media sosial untuk tidak menyebar foto anak tersebut.
Dalam akun Facebook, KPAI menghimbau para pengguna media sosial untuk tidak menyebar foto anak tersebut.

“Pertama, terkait pengunggahan gambar, jelas tidak berkesesuaian dalam prinsip perlindungan anak, karena salah satu hak dasar anak adalah mendapat jaminan tumbuh kembang secara baik oleh orang tua,” katanya seperti dilansir BBC Indonesia.

 

Lindungi anak dari paparan rokok

“Anak harus terlindungi dari paparan rokok dan asap yang membahayakan kesehatan.”

“Kedua, tentang perilaku orang tua. Kami membutuhkan verifikasi apakah foto itu rekayasa gambar atau nyata. Kalau ada unsur kesengajaan, orang tua bisa diminta pertanggungjawabkan secara etik, moral ataupun hukum.”

Pengguna media sosial menumpahkan kekesalan terhadap foto tersebut. Akun Twitter @_hemasratih, “Maksudnya apaan bayi dikasih puntung rokok begitu ya Allah! Hhhh!!!”

“ā€¸Langsung pusing habis lihat foto anak bayi dicekokin rokok,” kata akun @hebitic.

“Foto anak bayi yang ditempelin rokok sama ortunya itu sungguhlah miris, otak ortunyadi dengkul apa gimana sih?” kata @renirahmawt. (BBC/lya)