Sebenarnya Ahok Tahu Solusi Banjir Jakarta, Cuman…..

Basuki Tjahja Purnama alias Ahok
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama

POJOKSATU – Sebenarnya penyelesaian masalah-masalah di Jakarta termasuk banjir, sudah diketahui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Hany saja, Ahok belum menerapkan solusi tersebut.

Hal iru dikatakan Sejarawan JJ Rizal, saat acara bincang pagi di MetrO TV.

“Penyelesaian masalah-masalah di kota Jakarta sudah ada sebenarnya tinggal niatnya saja,” kata JJ Rizal, Rabu (11/02).

Ia menyarankan agar pemerintah DKI Jakarta secepatnya membuat konsep tata kelola yang baik. Dia mencontohkan, bagaimana Gubernur DKI Ali Sadikin dapat memiliki tata kelolah air mengatasi ancaman banjir di Jakarta.


“Seluruh bahan penyelesaian banjir sudah didiskusikan, sudah ada. Aspeknya banyak sekali. Tinggal dijalankan,” jelas dia.

Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mudjiadi, mengakui bahwa sesungguhnya sudah ada penyelesaian dalam mengatasi banjir di Jakarta. Namun, semua itu membutuhkan proses.

Penyelesaian tersebut, salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai, dan menghilangkan pemukiman penduduk yang berada di bantaran sungai juga melebarkan bantaran sungai tersebut.

“Empat sampai lima tahun ini banjir menjadi prioritas. Komitmen dan konsistensi kalau kita bangun master plan seperti ini harus kita selesaikan. Sekarang kita konsisten. Maka itu sungai kita normalisasi, kita bangun waduk-waduk. Tapi masalah ada yang namanya proses dan proses ini yang harus kita lihat,” tandas dia.(lds/ril)