Penyidik dan Staf KPK Pun Mau Dibunuh

KPK
Ilustrasi
save kpk
save kpk

POJOKSATU – Sejak Komjen Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka rekening gendung, teror ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cukup masif. Bahkan, teror tersebut sudah menyangkut nyawa dan keluarga pimpinan, penyidik, dan staf KPK.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) menyebut, sejumlah personel lembaganya mendapat ancaman yang sangat serius. Menurutnya, teror kali ini berbeda dengan yang diterima KPK sebelum-sebelumnya.

“Ada ancaman serius terhadap struktural kami, penyidik kami dan staf-staf kami. Ancaman ini sungguh-sungguh sangat serius,” kata Bambang di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (10/2).

Bambang enggan menjelaskan berapa banyak personel KPK yang mendapat teror. Ia juga tidak mau membeberkan secara detail bentuk dari teror tersebut.


Yang jelas, ujar Bambang, mereka yang diteror merasa nyawanya terancam. Bahkan, keluarga mereka juga merasa terancam.
“Stadium ancaman sangat eskalatif hingga menyangkut nyawa. Ancaman serius itu juga bukan hanya kepada staf dan karyawan tapi disebagiannya juga sudah menyebar ke keluarga,” tegasnya.

Bambang pun menyebut bahwa ancaman ini dilakukan secara bertahap dan sangat sistemik. Meski begitu, ia belum bisa menyimpulkan siapa aktor dibalik aksi-aksi tersebut. “Kami sekarang masih menyelidiki dan belum bisa menyimpulkan terlalu jauh,” pungkasnya. (dil/one)