Kasatpol PP Bogor Curhat Tak Punya Cewek Cantik

Eko Prabowo
Eko Prabowo
Eko Prabowo

POJOKSATU – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor, Eko Prabowo mengeluhkan jumlah personel yang sedikit dan tidak seimbang dengan jumlah penduduk Kota Bogor yang melebihi satu juta jiwa.

Selain kekurang personel, Eko juga terkesan iri dengan kepolisian yang memiliki banyak polwan cantik. Dari 251 anggota Satpol PP Kota Bogor, hanya dua perempuan. “Sekarang ada dua (wanita). Tapi itu juga sudah ibu-ibu,” kelakarnya.

Eko telah mengajukan penambahan personel ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, namun masih menunggu persetujuanĀ  anggaran perekrutan yang diperkirakan mencapai Rp 40-50 miliar.

Satpol PP Kota Bogor saat ini memiliki 251 personel, namun yang terjun langsung ke lapangan hanya 171 orang. 80 orang sisanya merupakan staf administrasi, sehingga Eko memerlukan setidaknya 300 personel baru.


Eko membocorkan sedikit kriteria calon anggota Satpol PP yang akan diterima. Untuk laki-laki harus memiliki tinggi badan minimal 160 cm, sedangkan wanita minimal 155 cm dengan usia antara 18-30 tahun. Selain itu, mereka diharuskan memiliki kemampuan bela diri. “Kita bakal buka pendaftaran untuk siapapun dengan syarat-syarat yang sudah kita tentukan,” jelasnya.

Eko juga mengeluhkan semakin banyaknya tugas yang harus diemban Satpol PP. “Sekarang semua yang berkaitan dengan ketertiban umum jadi tugas kita,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman mengatakan, permintaan penambahan personel Satpol PP fokus pada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

Usmar mengatakan, untuk penambahan PPNS diperlukan pelatihan khusus untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam melakukan tipiring serta kebijakan yang sudah dilimpahkan kepada Satpol PP.

“Penambahan personel ini harus ada rumus khusus, yakni jumlah penduduk dengan jumlah personel harus seimbang. Anggarannya juga sedang kita siapkan,” ujar Usmar. (cr1)