Jokowi harus Ganti Menkes kalau Kinerjanya Jeblok

Nila Farid Moeloek
Nila Farid Moeloek
Nila Farid Moeloek

POJOKSATU – Nila Moeloek merupakan satu-satunya menteri yang disebut-sebut diusulkan Muhammadiyah. Istri Faried Anfasa Moeloek tersebut duduk sebagai Menteri Kesehatan di Pemerintahan Widodo-Jusuf Kalla.

Meski diusulkan Muhammadiyah, anggota ormas Islam tersebut mengingatkan Presiden Jokowi untuk tidak sungkan mengevaluasi Menkes kalau terbukti kinerjanya jeblok.

“Kami meminta kepada Presiden untuk mengevaluasi menteri tersebut dan jangan sungkan-sungkan untuk menggantikanya jika dianggap kinerjanya buruk,” tegas Ketua Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat PP Pemuda Muhammadiyah, Jasra Putra, (Rabu, 11/2).

Jasra mengungkapkan itu menanggapi temuan Lembaga Survey Populi Centre terkait kinerja 15 menteri Kabinet Kerja. Survei nasional Populi Centre pada 16-22 Januari 2015 soal 100 hari Kabinet Kerja menunjukkan kinerja para menteri tersebut mengecewakan karena sangat jauh dari harapan publik.


Survei tersebut menerangkan bahwa hanya lima menteri yang dianggap lebih dari 10% responden kinerjanya memuaskan.

“Paling mengecewakan adalah Menteri Kesehatan yang berada di urutan 12 dengan penilaian kepuasan hanya 4-5% dari 1200 responden,” ujar Jasra, yang juga aktif di Majelis Pelayanan Sosial PP Muhammadiyah ini. (zul/rmol/dep)