Ini Wiayah Jakarta Yang Tak Pernah Kebanjiran

Peta Kepulauan Seribu (repro goole maps)
Peta Kepulauan Seribu (repro goole maps)
Peta Kepulauan Seribu (repro goole maps)

POJOKSATU – Tinggl di Jakarta, rasanya sulit bagi anda untuk terhindar dari macet dan banjir. Bahkan ada ungkapan kelakar di media sosial yang bilang, banjir juga karena macet. “Airnya tergenang karena salurannya macet”. Setiap tahun, warga Jakarta harus bersiap-siap untuk menghadapi bencana musiman yang datang di awal tahun itu.

Beberapa hari terakhir ini, banjir di Jakarta telah menggenangi lebih dari 50 wilayah di lima wilayah kota di DKI Jakarta.

Banjir tak hanya menerjang permukiman warga di tepian sungai. Banjir juga merambah hingga ke pusat pemerintah seperti Balai Kota Jakarta dan juga Istana Negara.

Namun, tahukah anda bahwa tak semua wilayah Jakarta terkena dampak banjir musiman itu? Ada satu wilayah di Jakarta yang nyaris tidak pernah tersentuh bencana banjir sejak dahulu kala.


Wilayah itu berada di sebelah utara wilayah Kota Jakarta Utara. Letaknya berada terpisah dari induk provinsinya yang berada di bagian Pulau Jawa. Wilayah itu tak lain adalah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Bahkan suatu waktu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat sempat berkelakar, jika sudah bosan banjir, warga bisa pindah ke kabupaten itu. Kan juga masih wilayah Jakarta.

“Kalau kalian sudah bosan kebanjiran, pindah saja ke pulau seribu. Di sana laut semua,” kata Djarot saat meninjau langsung lokasi pengungsian yang berada di Jalan Dan Mogot, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa, 10 Februari 2015.

Ini bukan asal kelakar. Sebab dari zaman dahulu, belum ada laporan resmi yang menyatakan wilayah itu pernah terendam banjir.

Seperti diketahui, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta

Ada sekitar 20.000 jiwa yang menempati dan berdiam di kabupaten ini, mereka tersebar di 11 pulau-pulau kecil berpenghuni.

Sebanyak 11 pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Sebira. (ril)