Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Johan Budi Santai

Johan Budi SP
Johan Budi SP
Johan Budi SP

POJOKSATU- Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri oleh Andar M Situmorang dari LSM Goverment Againts Corruption and Discrimination (GACD).

Johan Budi dilaporkan bersama Wakil Ketua KPK, Chandra M Hamzah terkait pertemuan dengan Muhammad Nazaruddin sekitar tahun 2008 sampai 2010.

Tapi santai menanggapi pelaporan tersebut.

“Itu haknya dia. Adalah hak warga negara melaporkan siapa saja,” kata Johan Budi saat dikonfirmasi, Selasa (10/2).


Kata Johan, publik nantinya yang akan menilai perihal laporan kejadian 7 tahun lalu itu. Disisi lain, Johan meyakini Bareskrim akan benar-benar teliti menanggapi laporan itu. Apalagi, sebenarnya masalah itu sudah lewat melalui proses etik.

“Sudah clear melalui pembentukan komite etik di KPK  dan saya dinyatakan clear,” tandas dia.

Sebelumnya, Johan dan Chandra Matra Hamzah dilaporkan ke Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri. Keduanya dilaporkan oleh Andar M Situmorang dari LSM Goverment Againts Corruption and Discrimination (GACD) terkait pertemuan mereka dengan Muhammad Nazaruddin sekitar tahun 2008 sampai 2010.

Dalam laporan TBL/96/II/2015/Bareskrim, Johan Budi dan Chandra Hamzah, dilaporkan atas dugaan penyalahgunaan wewenang dan atau melakukan hubungan langsung atau tidak langsung terhadap orang yang sedang berperkara di KPK. (zul)