BMKG: Awas, Jakarta Besok Banjir Lagi

Peta daerah rawan banjir. (BMKG)
Peta daerah rawan banjir. (BMKG)
Peta daerah rawan banjir. (BMKG)

POJOKSATU – Hari ini (11/2), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pengumuman peringatan dini potensi banjir di DKI Jakarta. Dalam keterangan resminya, BMKG memperkirakan banjir dengan kualifikasi sedang terjadi di sepanjang wilayah Jakarta bagian utara.

Dalam keterangan itu, banjir di DKI Jakarta masih berpotensi terjadi hingga besok (12/2). Penyebabnya adalah guyuran hujan intensitas sedang hingga lebat dalam waktu yang lama. Daerah yang terancam banjir pada besok adalah wilayah Cilincing, Koja, Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan.

Kasubdit Informasi BMKG Hary Tirto Jatmiko mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat memang masih berpotensi mengguyur DKI Jakarta dalam beberapa hari ke depan. “Hujan juga disertai kilat atau petir,” katanya.

Hary menuturkan puncak curah hujan terjadi antara pertengahan Januari sampai pertengahan Februari. Ciri-ciri puncak musim hujan adalah hujan turun dengan intensitas sedang. “Tetapi hujannya turun dalam waktu yang lama, meskipun sifatnya sedang,” ucapnya.


Sementara itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengeluarkan peringatan penyakit kepada saat banjir hingga saat air mulai surut. Seperti, diare, demam tifoid, leptospirosis, infeksi saluran pernafasan, penyakit kulit, serta penyakit lain yang dibawa oleh nyamuk. (wan/dio)