Beberapa Modus Begal yang Wajib Anda Ketahui

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Kasus encurian kendaraan bermotor dengan modus kekerasan atau pembegalan motor mulai mewabah di sejumlah wilayah Jabodetabek. Selain di Depok dan Tangerang, Bekasi juga menjadi lokasi yang rawan akan tindak kejahatan begal motor tersebut.

Juru Bicara Polresta Bekasi AKP Siswo mengatakan, dari sekian komplotan yang berhasil dibekuk, para pelaku diketahui memiliki modus operandi yang berbeda-beda.

Pertama, pemetik sepeda motor diperumahan tidak membekali senjata tajam, tapi hanya menggunakan kunci later T. Kelompok ini, kata dia, sering memangsa sejumlah motor yang terparkir di depan ruamah atau tempat-tempat sepi.

Kemudian kelompok Geng Pirkal (pinggir kali), mereka tinggalnya di Kota Bekasi tetapi wilayah operasinya bisa sampai jakarta.


Mereka tergolong sadis dalam melakukan aksinya karena langsung membegal dan melukai korbannya. Geng ini beranggotakan 10 orang.

Dalam aksinya, mereka bergerombol menggunakan sepeda motor di jalanan untuk mencari mangsanya. Mereka beraksi pada malam hari.

“Mereka (kelompok pirkal) melakukan pembacokan di Cilincing,  larinya ke Bekasi, mereka juga pernah melakukan pembegalan di flyover di Kranji,” ujarnya kepada Gobekasi, Rabu (11/2).

“Mereka sudah ditangkap, ketika dikroscek, memang benar mereka pelakunya,” lanjutnya.

Ketiga, Kelompok Lampung, komplotan ini modusnya memetik kendaraan ditempat-tempat keramaian. Karena pada saat kepergok tidak segan-segan menembak korbannya, rata-rata bersenjata rakitan.

“Untuk yang Kelompok Palembang mereka bekerjanya terorganisir, mereka ada yang berpura-pura bertransaksi dan ada yang berperan di luar,” paparnya.

Siswo mengatakan belum ada indikasi komplotan kriminalitas baru. “Untuk sementara tidak ada. Mudah-mudahan yang lain nggak ada,” tambahnya.

Pihaknya megimbau masyarakat yang biasa beraktivitas di malam hari, sebaiknya harus meningkatkan kewaspadaannya terhadap pengendara motor yang mencurigakan. Jika menemukan hal itu, sebaiknya pengendara mencari tempat yang ramai. (sar/zul)