Ternyata Ini Penyebab Banjir Jakarta

Peta Lokasi Potensi Banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya. Foto: bnpb
Peta Lokasi Potensi Banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya. Foto: bnpb
Peta Lokasi Potensi Banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya. Foto: bnpb

POJOKSATU – Hujan yang terus mengguyur Ibu Kota membuat banjir masih merendam DKI Jakarta hingga hari ini, Selasa (10/2). Di beberapa titik, genangan air masih membuat dinamika masyarakat menjadi lumpuh.

Berbagai spekulasi penyebab banjir mencuat, termasuk ketidakmampuan pemerintah provinsi mengantisipasi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mengungkap, banjir di ibukota disebabkan akumulasi curah hujan yang tinggi selama 7 hingga 9 Februari kemarin.

“Integrasi antara informasi spasial daerah genangan, DEM SRTM 30 m dan data Qmorph tanggal 7-9 Februari 2015, menunjukkan bahwa daerah berpotensi banjir di Pulau Jawa terdeteksi di sebagian besar wilayah DKI Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi,” tulis BNPB dalam deskripsi Peta Lokasi Potensi Banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya, yang dilansir, Senin (9/2).

Data Qmorph, lanjut keterangan itu, menunjukkan bahwa akumulasi curah hujan di atas wilayah DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang Karawang, Subang dan Indramayu lebih dari 120 mm.


“Kondisi ini yang diindikasikan sebagai penyebab banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.” (adk/jpnn/zul)