Sulsel Belum Siap Ujian Nasional Online

ujian nasional
Ilustrasi
Ilustrasi.
Ilustrasi.

POJOKSATU – Sulawesi Selatan belum siap dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyelenggarakan ujian nasional (UN) secara online.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Salam Soba mengatakan fasilitas minim membuat  banyak sekolah di Sulsel
belum mampu melaksanakan UN online.

“Pembangunan Indonesia kan tidak merata. Kita di Indonesia Timur belum selevel dengan  sekolah di wilayah barat dari sisi fasilitas. Makanya di Sulsel sebagian besar daerah belum siap (menyelenggarakan UN online),” kata Salam.

Ketertinggalan fasiltas di beberapa daerah lanjut Salam, membuat Kemendikbud tidak tinggal diam.  Kemendikbud telah mengisyarakatkan bakal meninjau ke daerah untuk melihat sejauh mana kebutuhan sekolah untuk mengikuti UN online.


“Kita tunggu saja hasi evaluasi dan kebijakan yang akan diambil oleh pihak Kemendikbud dalam waktu dekat ini. Pemerintah pusat harus
membantu sekolah  dalam pengadaan komputer ataupun sarana lainnya,“ tuturnya.

Mengenai permintaan agar UN Online bisa dihelat tidak bersamaan dengan UN reguler karena sosialisasi yang mendadak, Salam menyebut permintaan ini terlalu berlebihan. Pasalnya tidak mungkin mengorbankan siswa dengan melakukan ujian dengan waktu berbeda.

“UN kan saat ini bukan menjadi penilaian akhir. Kelulusan ditentukan masing-masing sekolah,“ pungkasnya. (ure/fat)