Pemadaman Listrik Meluas, Ini Empat Alasannya

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU- Hujan besar yang melanda Jakarta dan sekitarnya menyebabkan beberapa wilayah tergenang banjir. PLN terpaksa mematikan arus listrik dari gardu distribusi guna keselamatan dan keamanan masyarakat sendiri.

Dikutip dari akun Facebook resminya, pihak PLN menginformasikan bahwa hingga pukul 19.30 WIB (Senin, 9/2) sebanyak 469 gardu distribusi dipadamkan dari total 17.000 gardu distribusi di Jakarta dan Tangerang.

Sebaran wilayah yang terkena dampak pemadaman yaitu Area Marunda, Cikupa, Kebon Jeruk, Bandengan, Cengkareng, Teluk Naga, Tanjung Priok, Menteng, dan Cempaka Putih.

“Kami sampaikan kembali bahwa ada 4 alasan PLN memutus aliran listrik kepada pelanggan,” tulis keterangan tersebut.


Keempat alasan tersebut adalah gardu distribusi tergenang air, wilayah perumahan pelanggan tergenang air, gardu dan perumahan pelanggan tergenang air dan gardu induk tergenang air.

PLN akan menormalkan listrik kembali apabila instalasi di sisi PLN maupun pelanggan sudah benar-benar kering dan siap. Di sisi PLN, gardu akan dibersihkan dan dilakukan revisi terlebih dahulu.

“Di sisi pelanggan, mohon untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering, jangan sampai air masih menempel. Jadi setelah air surut tidak serta merta listrik akan menyala, perlu waktu untuk memastikan semua siap. Hal ini demi keamanan dan keselamatan pelanggan itu sendiri. (zul)