Masalah Kapolri, Jokowi : Sabar… Sabar…

Tes-Calon-Kapolri-eca8

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo masih meminta rakyat untuk bersabar menunggu pengumuman keputusan apa yang akan ia ambil terkait pro kontra pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.

“Sabar, sabar,” ujar Jokowi singkat kepada awak media sesaat setelah mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (10/2) dini hari usai kunjungan kenegaraan dari Filipina. Sebelum negara tersebut, Jokowi mengunjungi Malaysia dan Brunei Darussalam.

Rabu pekan lalu, Jokowi berjanji akan mengambil keputusan setelah kembali dari lawatannya di ketika negara tetangga tersebut.


Saat diingatkan mengenai janjinya tersebut, Jokowi kembali tidak memberi jawaban tegas. “Insyallah (minggu ini),” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Seperti diketahui, sudah sekitar tiga minggu ini kursi Kapolri kosong lantaran Jokowi enggan melantik calon terpilih Komjen Budi Gunawan. Langkah ini dilakukan akibat penetapan Komjen Budi sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK.

Belakangan beredar kabar bahwa Jokowi hendak membatalkan pelantikan Budi dan memilih calon Kapolri baru. Namun, sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari Jokowi langsung mengenai hal tersebut. (zul/rmol/dep)