Jokowi Panggil Wakapolri dan Kompolnas, Ada Apa?

Jokowi
Jokowi
Jokowi

POJOKSATU – Presiden Jokowi memanggil Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal (Komjen) Badrodin Haiti ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/2). Selain Badrodin, Jokowi juga memanggil komisioner Kompolnas.

Pemanggilan Wakapolri dan Kompolnas diduga terkait dengan polemik KPK-Polri, sekaligus membicarakan nasib Komjen Budi Gunawan (BG) yang saat ini belum juga dilantik. Selain itu, pemanggilan tersebut juga disebut-sebut ada kaitannya dengan rencana pengusulan nama baru calon kapolri.

Badrodin belum bersedia membeberkan alasan dirinya dipanggil ke Istana bersama Kompolnas. “Wah saya belum tahu,” kata Badrodin.

Disinggung mengenai kabar sudah adanya calon kapolri baru selain BG, Badrodin menolak memberikan pernyataan. “Tanya sama Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional) dong. Saya kan enggak ikut,” ujarnya.


Sementara itu, Kompolnas sejak pekan lalu telah menyiapkan sejumlah nama baru calon Kapolri untuk diserahkan kepada Jokowi.

Daftar itu disusun Kompolnas menyusul informasi dari Tim 9 bahwa Jokowi tak akan melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri karena Budi ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka kasus rekening gendut.

Ketua Kompolnas yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan belum tahu apa yang bakal mereka bahas dengan presiden. (one)