Ini Solusi Jokowi Atasi Banjir Jakarta

Kondisi banjir 30-50 cm di jl.pluit putra raya pluit-penjaringan jakarta utara
Kondisi banjir 30-50 cm di jl.pluit putra raya pluit-penjaringan jakarta utara
Kondisi banjir 30-50 cm di jl.pluit putra raya pluit-penjaringan jakarta utara

POJOKSATU – Hampir setiap tahun, kala musim penghujan tiba, Jakarta selalu tergenang. Tahun ini, kejadian ini kembali berulang. Sudah dua hari terakhir, beberapa titik di Jakarta digenangi air. Transportasi nyaris lumpuh. Aktifitas masyarakat menjadi terganggu. Untuk mengantisipasi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata masih punya dua cara untuk atasi banjir di Jakarta.

Pertama, banjir akan mudah teratasi jika terowongan Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur selesai dibangun.

“Selain itu, tahun ini akan dimulai pembangunan dan pembebasan tanah untuk waduk di Ciawi, Bogor,” kata Jokowi seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa, (10/02).

Meski itu bisa dilakukan, Jokowi mengingatkan kalau pembangunan waduk Ciawi itu tidak mungkin selesai dalam waktu singkat. Ia berjanji akan mengawal pembangunan kedua proyek tersebut. “Nanti saya akan melihat progres pembangunan waduk di Ciawi dan akan melihat juga kapan selesainya pembangunan terowongan dari Ciliwung ke Kanal Banjir Timur,” kata Jokowi.


Terkait banjir yang telah melanda Jakarta dan sekitarnya, siang ini, Jokowi mengundang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk membahas penanganan dan pencegahan banjir yang terjadi di Jakarta

“Saya memang di-SMS Pak Gubernur bahwa Istana banjir, tapi saya belum bicara secara detail mungkin besok saya undang Pak Gubernur,” katanya kepada wartawan begitu mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa dinihari, (10/02).(ril)