Camat di Bekasi Iri Gaji Gendut Pejabat DKI Jakarta

Kantor camat
Kantor camat
Kantor Kecamatan Sukakarya, Bekasi

POJOKSATU – Besarnya gaji para pejabat pemerintahan DKI Jakarta, ternyata membuat Camat Sukakarya, Edward cemburu. Meski gajinya juga sudah besar, namun jika dibandingkan dengan camat di DKI Jakarta nominalnya masih jauh.

Bahkan diakuinya gajinya itu, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang juga besar. Edward sendiri sebenarnya berkeinginan mendapatkan gaji sepeti camat di Jakarta. Namun hal itu, kata dia, tergantung pada kebijakan dari kepala daerah masing-masing.

’’Kalau ditanya begitu ya iri juga, mau juga kita gaji segitu, walaupun tanggung jawabnya lebih besar,” ujarnya seperti dilansir Gobekasi (Grup Pojoksatu.id) sambil tertawa.

Menurut Edward, tingginya gaji PNS seperti di Jakarta bisa meningkatkan pelayanan dan kedisiplinan pegawai. ’’Ya bagus itu, berarti kalau gajinya gede kan tanggung jawab dan kedisiplinan pegawainya juga semakin gede, otomatis pelayanan ke masyarakat juga kan meningkat,” katanya.


Lebih lanjut, kata Edward, dengan gaji yang cukup tinggi, kompetensi yang diberikan juga harus meningkat. Begitu juga ketika ada PNS yang melanggar peraturan maka wajib dikenakan sanksi yang berat.

’’Kalau gaji gede, kompetensi juga harus meningkat, kita tidak bisa asal, pegawai juga harus selalu stand by di kantor, terlebih kalau sudah masuk jam–jam pelayanan, sanksi juga bisa lebih tegas lagi kan kalau mereka melanggar kode etik jabatannya,” ungkapnya.

Namun Edward menyadari untuk mendapatkan gaji tinggi harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

’’Tapi kan itu semua balik lagi ke kebijakan pemerintah daerah, kalau di Jakarta kan gubernurnya yang turuntangan, mungkin menurut dia pendapatan daerahnya juga tinggi, bisa menutupi dengan gaji yang cukup fantastis, ya silakan saja,” tuturnya. (cr24/lya)