Bogor Jadi Pengguna Narkoba Terbesar Kedua

POJOKSATU – Bogor menempati peringkat kedua pengguna narkoba tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2014. Jumlah pengguna dan pengedar narkoba di Bogor tahun lalu sebanyak 150.000 orang.

Kepala BNN Kabupaten Bogor, Nugraha Setia Budhi mengatakan jumlah tersebut adalah 2,5 persen dari total 6 juta penduduk Kota dan Kabupaten Bogor.

“Peringkat pertama diduduki Bandung. Jenisnya macam-macam, ada sabu, ekstasi dan ganja,” ujar Nugraha kepada wartawan, Senin (9/2).

Nugaraha menjelaskan dari 2,5 persen yang terlibat narkoba terdiri dari berbagai elemen masyarakat. “Ada pelajar, mahasiswa, karyawan hingga pedagang,” lanjutnya.


Untuk penanganan, Nugraha mengatakan BNN telah merehabilitasi sebagian pecandu serta penyuluhan untuk bahaya narkoba.

Menurut Nugraha, angka tersebut pada tahun 2015 ini cenderung naik. Namun ia belum bisa memberi keterangan lebih rinci mengenai pengguna dan pengedar narkoba pada tahun ini. “Datanya masih terus kita kumpulkan. Jadi belum dapat yang valid untuk tahun ini,” tutur Nugraha.

Nugraha mengimbau masyarakat agar melaporkan jika mengetahui ada pengedar ataupun penjual narkoba. “Kita terus lakukan seminar dan sosialisasi supaya warga tidak perlu takut untuk melapor,” tukasnya. (cr1/zul)