BMKG: Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang

BMKG

BMKG

POJOKSATU – Warga diimbau waspada di bulan ini. Pasalnya curah hujan pada Februari ini berbeda dengan beberapa bulan sebelumnya, lantaran hujan dibarengi dengan angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi badan Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) Kelas I Serang Tri Tjahjo mengatakan, curah hujan diperkirakan akan terus terjadi hingga 12 Februari dengan intensitas ringan. BMKG mengimbau warga waspadai hujan disertai angin kencang pada 13 Februari, karena akan ada peningkatan curah hujan dari siang hingga sore hari.

“Khususnya di wilayah Banten selatan seperti Kabupaten Lebak,” ungkap Tjahjo kepada radarbanten.com via telpon seluler, Selasa (10/2/2015).


Tjahjo menjelaskan, kendati mengalami peningkatan, BMKG memprediksi bahwa peningkatan curah hujan di Provinsi Banten tidak signifikan. Konsentrasi hujan masih akan terjadi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. “Kondisi banjir yang dialami oleh Jakarta dan Jawa Barat tidak akan dialami oleh masyarakat Provinsi Banten,” jelasnya.

Dikatakan Tjahjo, selain curah hujan yang mulai tinggi, kondisi cuaca pada beberapa hari ke depan akan diikuti oleh angin kencang. Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai lokasi yang biasa menjadi titik banjir dan longsor, agar menghindari daerah-daerah tersebut. “Hal-hal yang perlu diantisipasi oleh masyarakat yakni dengan membersihkan lingkungan. Masyarakat juga sebaiknya memotong dahan pohon yang sudah mulai termakan usia agar tidak roboh saat diterjang angin kencang,” kata Tjahjo. (radarbanten/lya)