Besok, Pengungsi di Penjaringan Kemungkinan Bisa Kembali

Posko Banjir
Posko Banjir
Posko Banjir

POJOKSATU- Ribuan pengungsi yang berada di sejumlah posko banjir yang terdapat di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, kemungkinan bisa kembali ke rumah masing-masing pada Rabu (11/2) besok.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Sebab katanya, hingga malam hari ini pihak Pemprov DKI Jakarta tengah mempercepat pemompaan air dengan menggunakan armada pemadam kebakaran (damkar).

“Percepatan pemompaan air dengan menggunakan damkar sesuai arahan Wagub DKI. Hingga pukul 19.32 WIB kami masih melakukan pemantauan bersama wakil camat dan kepala kelurahan. Diharapkan besok pagi pengungsi dapat kembali ke rumah,” kata Sutopo dalam rilisnya, Selasa (10/2) malam.

Cuaca di sekitar Kelurahan Penjaringan pun, tambah Sutopo, dari pagi hari hingga sore hari ini sudah terlihat cerah. Menambah besarnya kemungkinan pengungsi kembali ke rumah besok.


“Ketinggian Pintu Air Muara Baru juga pada status normal + 100 cm. Pompa di Pintu Air Muara Baru diaktifkan 10 mesin, dan dibantu 4 unit damkar untuk memompa air ke laut,” tuturnya.

Selain itu, BNPB pun sudah melakukan survei ke wilayah terdampak banjir. Dimana di RW 17 banjir tinggal setinggi betis dewasa. Di RW 01, 02, dan 03 banjir setinggi 10 cm. Dan di RW 12 setinggi mata kaki.

“Sementara itu di RW 07 dan 08 setinggi 20 cm. Secara umum air sudah mulai surut. Kami masih stand by di Pintu Air Muara Baru bersama wakil camat penjaringan, lurah penjaringan, SRC, Menwa dan Senkom,” pungkasnya. (sim/jkt/man)