Praperadilan Tak Bisa Batalkan Status Tersangka Budi Gunawan

profil_budigunawan
Komjen Budi Gunawan

POJOKSATU – Status tersangka Komjen Budi Gunawan tidak bisa dibatalkan melalui praperadilan. Jika praperadilan membatalkan status tersangka Budi Gunawan, maka eksesnya akan sangat besar. Demikian ditegaskan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

“Tidak bisa (cabut status tersangka). Kalau dalam praktiknya kita tidak tahu, tapi hukumnya tidak bisa mencabut (penetapan tersangka),” kata Fadli Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/2/2015).

Atas dasar itulah, Fadli Zon meminta Presiden Jokowi segera memutuskan status Budi Gunawan sebagai calon kepala Polri. Menurut dia, tidak ada pengaruhnya apabila Jokowi menunggu hasil sidang praperadilan yang tengah berjalan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Anak buah Prabowo Subianto itu menambahkan, jika terlalu lama menunggu, Jokowi justru akan semakin membuat polemik KPK-Polri berlarut-larut. “Ini bisa menimbulkan bermacam-macam ekses. Kita bisa lihat sekarang banyak aksi demonstrasi, protes di media sosial. Ini menyita waktu, tenaga, tapi juga melumpuhkan usaha Polri dan KPK dalam menegakkan hukum,” imbuh Fadli.


Fadli Zon mengingatkan Jokowi akan janjinya menyelesaikan permasalahan KPK-Polri pekan ini. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu mengatakan, keputusan apa pun tentang polemik ini pasti memiliki konsekuensi dan tidak bisa membuat semua orang bahagia.

Terpisah, Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella menilai, sikap Presiden Jokowi yang hingga kini belum memutuskan nasib Budi Gunawa adalah hal yang wajar. Menurut dia, Presiden Jokowi saat ini tengah berupaya menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan mengenai Budi. “Saya kira itu keputusan yang paling adil yang bisa diambil dalam situasi pelik seperti ini,” kata Patrice. (one)