Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi Mulai Dikerjakan

proyek tol
proyek pembangunan tol ciwandawu
Ilustrasi. Foto: istimewa
Ilustrasi. Foto: istimewa

POJOKSATU – Pembangunan ruas tol Ciawi-Sukabumi seksi I yaitu Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer (km) resmi dikerjakan hari ini, Senin (9/2). Pemancangan tiang pertama (groundbreaking) dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURP), MNC Group dan Gubernur Jawa Barat.

Dengan dimulainya proses pembangunan ruas tol tersebut, berarti proses pembebasan lahan telah rampung dilakukan. Seperti diutarakan Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol Kementerian PUPR, Achmad Ghany Gazaly, karena sudah rampung sebagian, makanya proses pengerjaannya bisa dilakukan.

“Seksi berikutnya akan menggunakan proses pembebasan lahan yang dilakukan di Direktorat Jenderal Bina Marga,” katanya, Senin (9/2).

Ia menambahkan, saat ini lahan yang telah dibebaskan mencapai 141,1 hektar (ha) atau sekitar 89 persen. Sisanya seluas 17,4 ha atau 11 persennya lagi belum dibebaskan. Untuk nilainya sendiri, kata Achmad, seksi I ini nilai investasi sebesar Rp 2,9 triliun sedangkan kontruksinya sebesar Rp 2,2 triliun.


Pembangunan seksi I ini dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dan kotraktor asal Korea. Ditargetkan selesai dalam jangka waktu 2 tahun.

Ia berharap, dengan dibangunnya tol ini bisa memperlancar arus lalu lintas terutama menuju Sukabumi. Pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi ini merupakan kelanjutan dari jalan tol Jagorawi yang telah ada saat ini, di mana dalam rencana induk jaringan jalan tol Non-Trans Jawa, jalan tol Ciawi-Sukabumi merupakan bagian dari rencana program jangka pendek dan akan menjadi salah satu tol penghubung antara Jakarta-Sukabumi yang strategis bagi pengembangan wilayah Jawa Barat bagian selatan.(lya)