Kalau Hujan Sampai 3 Hari, Bekasi Bisa ‘Tenggelam’

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Jika hujan di Bekasi sampai 3 hari kedepan, kota ini bisa darurat banjir. Demikian dikatakan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

“Jika hujan tiga hari terus-menerus maka kondisinya bisa darurat banjir,” kata Rahmat Effendi Senin, (9/02). Seperti juga beberapa kota di sekitar Jakarta, hujan yang mengguyur sepanjang hari ini menyebabkan banjir di 16 lokasi di wilayah Kota Bekasi.

Karena itu, pihak berwenang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, kini sibuk mengatur pengiriman logistik dan bantuan peralatan evakuasi.

Rahmat mengaku pihaknya tidak bisa menangani perbaikan infrastruktur akibat banjir seketika. Ini terkait soal anggaran. Ia berencana penyelesaian infrastruktur dilaksanakan pada tahun keempat masa pimpinannya, atau pada 2016 mendatang.


“Setelah tahun 2016 itu hasil dari usaha mengurangi lokasi banjir akan terlihat,” katanya. Ia berharap warga bersabar dan bersama-sama pemerintah mengatasi masalah banjir.

Banjir melanda sebagian area perumahan serta jalan raya di Kota Bekasi dengan ketinggian air 20-120 sentimeter. Seperti yang terjadi di Perumahan IKIP Pondokgede, ketinggian air di jalan perumahan ini mencapai 120 cm.

Menurut Kepala BPBD Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, evakuasi saat ini dilakukan terhadap warga di RW 26 Kelurahan Kaliabang, Kecamatan Bekasi Utara. “Logistik dan peralatan evakuasi korban bencana sedang jalan,” katanya.(ril)