Hari Ini, Satu kapal Thailand akan Ditenggelamkan

Ilustrasi

023918_727012_kapal_meledak

POJOKSATU – Enam  kapal dikerahkan untuk penenggelaman kapal ikan milik negara Thailand pada Senin (9/2). Dari enam kapal tersebut, terdiri dari tiga kapal milik TNI Angkatan Laut, dan tiga kapal milik Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Tiga kapal  TNI Angkatan Laut yang ikut tersebut yakni KRI Halasan dari satuan kapal cepat rudal, KRI Barakuda dari satuan kapal cepat rudal dan juga KRI Ciptadi dari satuan kapal eksorta. Sedangkan kapal KKP yang dikerahkan yakni Kapal Hiu 001, Kapal Hiu 004 dan Kapal Hiu 010.

Kapal yang akan ditenggelamkan tersebut adalah KM Laut Natuna atau KM Sudhita. Yang dinahkodai oleh warga Thailand bernama Sangwian Srisom.  Penangkapan terhadap kapal milik nelayan Thailand ini dilakukan pada 30 Oktober tahun 2014, diperairan Natuna. Kapal tersebut melanggar pasal 26 Undang-Undang nomor 31 tahun 2004.


Perkara ini sudah diputuskan oleh pengadilan pada 5 Januari 2015, dimana Sangwian Srisom terbukti bersalah, ia dijatuhi hukuman 3 tahun penjara atau denda sebesar Rp 500 juta.

Tapi untuk tempat penenggelaman kapal, hingga saat ini masih dirahasiakan. Dari informasi yang dihimpun di lapangan, menyebutkan penenggelaman kapal akan dilakukan di perairan Karimun.

“Hingga kini kami masih belum tahu di perairan mana, koordinatnya masih dirahasiakan,” ujar salah satu awak KRI Halasan yang enggan namanya disebutkan. Seperti dilansir Batam Pos, (Grup Pojoksatu.id) Senin (9/2).

Namun ia mengatakan penenggelaman kapal akan dilakukan oleh kapal milik KKP saja, sedangkan tiga kapal KRI dalam posisi standby.  (cr3/dep)