Diterjang Longsor, Warga Bogor Ngungsi

longsor di Kebonpedes, Tanahsareal, Bogor
longsor di Kebonpedes, Tanahsareal, Bogor
longsor di Kebonpedes, Tanahsareal, Bogor

POJOKSATU – Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor sepanjang hari Senin (9/2/2015) menyebabkan tanah longsor di RT 04/01 Kelurahan Kebonpedes Kec. Tanahsareal.

Longsor tersebut menghantam pondasi rumah keluarga Abdul somad (54). Longsor diperparah akibat oleh derasnya arus sungai Cipakancilan yang berada di bawahnya.

Lurah Kebonpedes, Lukman Sugandi mengimbau penghuni untuk mengosongkan rumahnya karena dikhawatirkan adanya longsor susulan. “Bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD dan Tagana (Taruna Siaga Bencana) sudah ada. Dari BPBD berupa terpal sedangkan Tagana sejumlah natura,” ujar Lukman.

Lukman menjelaskan terpal digunakan untuk menahan air hujan agar tidak langsung menggerus longsoran tanah. Longsor tersebut mengancam sembilan orang penghuninya. Akibat tanah yang labil, Somad dan keluarga berencana mengungsi ke rumah kerabat.


Salah satu penghuni rumah, Yuliana (30) mengaku bingung ingin mengungsi kemana. “Kalau cuma pindah mah gampang, tapi uangnya yang gak ada,” tuturnya.

Yuliana mengatakan, saat kejadian dirinya sedang memasak hingga terdengar gemuruh disertai getaran seperti gempa. Saat itu ada enam orang dalam rumah yang berdiri di tebing sungai itu.

Lukman Suganti mengatakan sudah berkoordinasi dengan RT dan RW setempat untuk mencarikan rumah kontrakan bagi keluarga Somad. (cr1)