BNPB Dirikan 28 Posko Taktis Atasi Banjir Jakarta

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU – Sedikitnya 28 posko akan didirikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengatasi dampak banjir di Jakarta dan sekitarnya. Posko tersebut terdiri dari 25 posko di Jakarta, dua posko di Bekasi dan satu posko di Tangerang.

“BNPB juga telah menyiapkan 3.600 personil TNI dan 614 personil Polri untuk antisipasi banjir jika diperlukan,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Senin (9/2).

Sutopo mengatakan, hingga saat ini belum ada pernyataan darurat bencana banjir dari Gubernur DKI Jakarta. Hingga pukul 10.00 WIB kondisi sungai-sungai di Jakarta pun masih terpantau aman.

“Belum ada pengungsian hingga saat ini,” ujarnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah titik di Jakarta sudah mulai terendam. Genangan air terjadi antara lain di sekitar Underpass Senen Jakarta Pusat, Jalan Batu Tulis, Pecenongan Jakarta Pusat banjir 15-20 senti meter. Daerah seputar SPBU Kamal Jakbar, juga ada genangan 30-40 senti meter.

Sementara Jalan Boulevard Artha Gading (depan Mall Artha Gading), Jakarta Utara banjir 10-35 senti meter. Genangan juga terjadi di jalur lambat Jalan Letjen Suprapto Jakpus, setinggi 30-40 senti meter.
Banjir juga terjadi di Jalan Kapuk Raya setinggi 20-40 senti meter.
Hujan berintensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan mengguyur wilayah DKI Jakarta sepanjang hari ini hingga malam nanti. (ril)