Antisipasi Penyelundupan Narkoba, Anjing Pelacak Dikerahkan di Soetta

thumb_189737_12021109022015_anjing_pelacak

POJOKSATU – Aparat Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengerahkan sejumlah anjing pelacak untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba, yang masuk ke wilayah DKI Jakarta.

Menurut Kasat Narkoba Polesta Bandara Soetta, Kompol Guntur M Thoriq, maraknya penyelundupan narkoba menyebabkan pihak kepolisian harus mengambil langkah sigap, dan anjing pelacak ini akan ditempatkan di terminal kedatangan domestik maupun internasional.

“Kita akan terjunkan anjing pelacak di terminal kedatangan domestik maupun internasional. Ada sekitar 2-3 ekor anjing pelacak yang diterjunkan,” ujar Kompol Guntur melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (8/2).


Guntur mengungkapkan, anjing terlatih ini didatangkan dari Polda Metro Jaya serta kantor Bea Cukai, dan Senin (9/2) hari ini rencananya akan dilakukan demonstrasi untuk anjing pelacak ini.

“Rencananya, Senin akan dilakukan demonstrasi,” kata dia.

Dalam demonstrasi itu, kata Guntur, anjing pelacak akan mencari paket narkoba yang disembunyikan di suatu tempat. “Nanti akan diketahui penciumannya seperti apa dan hasilnya gimana,” ujarnya.

Lebih jauh, Kompol Guntur menjelaskan, penggunaan anjing pelacak dalam operasi pemberantasan dan penindakan narkoba di Bandara Soetta ini dilakukan berdasar hasil analisa intelejen, yang mengungkapkan jaringan narkotika telah mengubah pola distribusi narkoba.

“Apalagi, dalam beberapa tahun belakangan ini mafia narkotika menggunakan pesawat udara rute internasional,” imbuh dia. (sim/jkt/man/dep)