“Ahok Itu Pemimpin Kardus”

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahtja Purnama (Ahok)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahtja Purnama (Ahok)

POJOKSATU – Banjir yang menggenangi Jakarta sejak tadi malam membuat Ketua Umum Forum Betawi Bersatu (FBB), KH Endang Supandi angkat suara. Endang mengkritik Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap tidak becus menangani banjir Jakarta.

Endang menagih janji Ahok yang menyebutkan akan menyelesaikan masalah banjir dan macet di Jakarta. “Faktanya, hari ini banjir di mana-dimana. Ahok bisanya nyalahin anak buah, gak jantan. Sebagai pemimpin harusnya berani tampil penuh tanggung jawab,” kritik Endang ketika ditemui RMOLJakarta di Jakarta Selatan, Senin pagi (9/2).

β€ŽIa menambahkan, jika Ahok hanya mampu melempar kesalahan kepada anak buah, maka anak kecil juga bisa jadi gubernur.
β€Ž”Kalau ada kesalahan anak buah yang disalahin. Kalau dipuji, Ahok yang tampil. Kalau itu mah bukan pemimpin. Itu pemimpin kardus. Pemimpin sejati itu harus berani tanggung jawab,” kritiknya.

Sebelumnya diberitakan, Balaikota DKI Jakarta tak luput dari genangan banjir sejak tadi malam. Namun, ketinggian air di kantor Ahok itu mulai surut.


Denny menambahkan, pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil pompa untuk menyedot air di Balaikota. Saat air berangsur turun diketahui ternyata kardus yang menumpuk di saluran air menjadi penyebab banjir.

Menurutnya, kardus tersebut berasal dari pembungkus material perbaikan gedung Blok F yang sekarang tengah berlangsung. Ia menuding pekerja lalai karena tidak membuang sampah tersebut.

“Ternyata ada sampah kardus yang menyumbat saluran. Sampah-sampah kardus ini masuk ke dalam saluran ditambah intensitas hujan yang lebat, membuat saluran tersumbat. Kita minta bantuan Dinas Penanggulangan Kebakaran, saat ditembak dengan air, muncul beberapa sampah kardus di ujung saluran,” tutur Denny. (rmol/one)