Menteri Tedjo Sebut Pegawai KPK Itu Buruh

Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno. Foto: dok.JPNN (Grup Pojoksatu)

POJOKSATU – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI, Tedjo Edhy Purdjiatno enggan mencampuri urusan terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tedjo terkesan tak mau tahu soal ancaman mogok kerja pegawai KPK jika seluruh pimpinannya menjadi tersangka dan mengundurkan diri. Bahkan, Tedjo dengan entengnya mengeluarkan pernyataan kontroversial.
“Tidaklah, kayak buruh saja,” kata Tedjo di kantornya, Jumat (5/2/2015).

Politisi Partai Nasdem itu menilai pegawai KPK seharusnya tak bersikap seperti buruh yang kerap melontarkan ancaman berhenti bekerja saat menyampaikan tuntutan. “Itu terserah mereka saja,” kata Tedjo enteng.

Tedjo melihat ancaman tersebut adalah gertakan yang serius. Pasalnya, tak mungkin pegawai KPK akan berperilaku seperti buruh. “Enggak sampai sejauh itu lah, kayak buruh saja,” imbuhnya.


Sebelumnya, Deputi Pencegahan KPK Johan Budi menyatakan dirinya satu di antara pegawai KPK yang akan turut lepas jabatan apabila seluruh pimpinan KPK dibabat habis oleh laporan-laporan ke Mabes Polri.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sejumlah pegawai pun siap melakukan aksi yang sama apabila memang serangan terus dilakukan untuk melumpuhkan KPK. (adn/ind/one)